Translate

Selasa, 15 Mei 2012

Ingin Jahe Organik ? Carilah Di Mamuju, Sulbar

Gaya hidup back to nature (kembali ke alam) yang telah mendunia saat ini didasari oleh pemahaman bahwa manusia harus mengkonsumsi pangan yang sehat. hal ini telah meningkatkan permintaan terhadap produk rimpang organik , diantaranya jahe, untuk dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk produk olahan.

Budidaya jahe organik adalah adalah suatu proses budidaya terpadu yang memanfaatkan bahan alami untuk meningkatkan produktivitas dan mutu rimpang jahe. Komponen budidaya organik antara lain ; pupuk organik, pupuk bio, rotasi tanaman, dan bio pestisida.

Para petani di Mamuju Sulbar  dapat dipastikan tidak mengenal pupuk dan obat-obatan kimia dalam melakukan budidaya jahe merah mereka, para petani umumnya akan membuka lahan hutan produksi baru dan kemudian ditanami jahe merah. Bahkan hampir tidak ditemukan adanya lahan jahe yang pernah ditanami ulang dengan jahe oleh karena mereka berkeyakinan kalau lahan yang sama ditanami jahe lagi maka akan menurunkan produktivitas hasil panennya nanti.

Kesimpulan saya bahwa memang Mamuju memiliki agroklimat yang sangat cocok untuk budidaya jahe melebihi daerah-daerah lainnya sehingga tanpa manipulasi tanah apapun sudah dieproleh hasil yang luar biasa. Bagi para pecinta produk organik terutama produk jahe merah bisa datang ke Mamuju untuk membuktikan keorganikan produk jahe petani, bahkan bila perlu bisa dilakukan uji laboratorium untuk membuktikan bahwa dalam jahe merah produk petani Mamuju sama sekali tidak mengandung bahan- bahan kimia berbahaya didalamnya.

Saya optimis, keran ekspor jahe akan menjadi terbuka kedepannya oleh karena persyaratan komoditas jahe non kimia sudah terpenuhi dengan maksimal, sehingga para eksportir tidak usah khawatir akan menerima klaim atau komplain dari negara importir akibat kandungan kimia yang terdapat dalam produk jahe.

Mari datang ke Mamuju dan buktikan sendiri.........

Tidak ada komentar: